Strategi & Sasaran

icon front default3


Sasaran dan strategi pencapaian

Sasaran yang hendak dicapai adalah sejalan dengan Rencana Induk Pengembangan USU dan FMIPA yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang fisika dan terapannya sehingga dapat menerapkan ilmu dan keahliannya di dunia pendidikan penelitian dan industri diwilayah Sumatera khususnya dan di Indonesia pada umumnya ataupun di Luar Negeri. Juga diharapkan SDM yang ada di departemen fisika dapat melakukan konsultasi dan kerjasama penelitian dengan institusi luar yang berhubungan dengan fisika dan terapannya. Secara terperinci kompetensi lulusan ingin dibenahi melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi, peningkatan IPK lulusan dari rata-rata 3,02, mengurangi masa studi dari rata-rata 4,7 tahun sehingga diharapkan akan mempersingkat masa tunggu dari rata-rata 6 bulan. Diinginkan juga peningkatan mutu Dosen (SDM) di Departemen Fisika melalui peningkatan jumlah penelitian, tulisan ilmiah dan pengabdian masyarakat dari yang sudah dicapai selama ini, sehingga SDM yang ada di departemen fisika dapat melakukan konsultasi dan kerjasama penelitian dengan institusi luar yang berhubungan dengan fisika dan terapannya.

Strategi pencapaian dimulai dari penyusunan renstra dan pelaksanaan dari missi dan tujuan secara tepat dan berkesinambungan yang didukung oleh seluruh sivitas akademika departemen fisika dan pihak fakultas dan universitas.

Program Studi Fisika diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang fisika material untuk peningkatan mutu material dan dibidang fisika instrumentasi untuk pengoperasian dan perancangan instrumen berbasis mikroprosesor/komputer khususnya di Sumatera Utara dan di Indonesia pada umumnya atau untuk dapat bersaing memenuhi kebutuhan di luar negeri.

Oleh karena itu, kurikulum pendidikan di departemen Fisika disusun agar lulusan memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep fisika dan mempunyai keahlian di salah satu bidang fisika teoritis, material atau Instrumentasi (sesuai dengan konsentrasi yang diminatinya). Juga mahasiswa dibekali dengan penguasaan software terbaru untuk melakukan komputasi dan berbagai prinsip-prinsip dasar ilmu terapan lainnya dari yang ada di USU.

Didalam upaya untuk mencapai sasaran diatas, maka Program Studi Fisika menyusun strategi pencapaian sasaran melalui 2 jalur

  • Jalur Perkuliahan (Kampus) : salah satunya yaitu penyusunan kurikulum berbasis kompetensi sebagai upaya standarisasi lulusan. Pelaksanaan kurikulum (kontrak perkuliahan) didalam proses belajar mengajar terus diawasi agar materinya sesuai sesuai kontrak perkuliahan.Praktikum mata kuliah diasuh oleh Dosen sesuai kompetensinya agar terjadi kesinambungan antara materi yang diajarkan di kelas dengan praktikum di laboratorium. Diharapkan dengan strategi tersebut tujuan mata kuliah seperti yang dimaksud pada TIU danTIK akan dapat dicapai untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. 
  • Jalur luar kampus : Departemen Fisika sudah menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam bentuk MOU dengan Fakultas MIPA USU. Dengan adanya MOU maka Mahasiswa Departemen Fisika dapat melaksanakan proyek tugas akhir pada instansi pemerintah/swasta dengan bimbingan dari Dosen FMIPA USU dan Staf dari instansi pemerintah/swasta tersebut.